LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana terdapat beribu-ribu didalamnya. Sebagai salah satu negara kepulauan maka negara Indonesia menjadi pusat perdagangan dunia, dimana SDM yang dimiliki juga semakin besar. Sesuai hal tersebut, Indonesia memiliki jumlah penduduk berjumlah kurang lebih 250 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49 persen pertahun. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dengan kualitas sumber daya manusia yang kurang memenuhi kualifikasi, membuat SDA tersebut tidak terkelola dengan baik. Sehingga gerbang kesuksesan dalam mencapai tujuan sustainable development goals, dirasa masih sangat kurang.

Sustainable Development Goals merupakan program keberlanjutan dari Millenium Development Goals yang telah berakhir pada tahun 2015 lalu. Program ini memiliki semangat untuk mengentaskan kemiskinan, meniadakan diskriminasi dan injustice serta menyikapi anomali iklim yang terjadi. SDGs telah memberikan semangat baru bagi seluruh masyarakat di berbagai negara untuk terus membangun negara mereka menjadi lebih baik lagi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat memiliki ambisi besar agar dapat terjung langsung dalam program tersebut dengan mempersiapkan jalan untuk mencapainya. Penuangan ide kreatif dan inovatif anak muda dalam mewujudkan nawacita mensejahterakan masyarakat, hendaknya melihat lebih luas sektor yang akan dijangkau nantinya. Sektor industri adalah salah satu hal yang dapat meresahkan masyarakat, baik dalam hal manajemen SDM atau output yang dihasilkan. Terkadang, banyak industri yang tidak menimbang dampak negatif dari pembuangan hasil akhir di sembarang tempat dimana hal tersebut dapat berdampak ke masyarakat area sekitar, hal itu sering kita sebut sebagai Limbah.

Penuangan ide-ide dalam mengurangi limbah dapat dilakukan dari berbagai aspek, misal : teknologi, sosial, lingkungan, dll. Oleh karena itu, untuk mewadahi kreativitas dan inovasi generasi muda, Himpunan Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya mencoba menyikapi masalah Susitanable Development Goals (SDGs dengan mengadakan kegiatan Waste Treatment Week (WTW) 2018. Pada tahun ini, kegiatan WTW mengambil tema besar “Peran Pemuda dalam Pengoptimalan Potensi Limbah Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk perlombaan tingkat Mahasiswa tingkat Nasional. Melalui kegiatan ini diharapakan dapat menghasilkan karya dan inovasi mahasiswa dalam berbagai bidang yang lebih baik. Sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs).

TEMA DAN SUB TEMA

Tema : “Peran Pemuda dalam Pengoptimalan Potensi Limbah Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”.

Sub Tema :

  1. Pendidikan
  2. Sosial dan Politik
  3. Ekonomi
  4. Sains dan Teknologi
  5. Agrokompleks
  6. Energi dan Lingkungan
  7. Kesehatan

FORMULIR DAPAT DIUNDUH DI SINI

BUKU PANDUAN DAPAT DIUNDUH DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *