Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia serta merupakan bulan yang suci bagi umat muslim, bulan ini dijadikan sebagai ajang menebar kebaikan dan melakukan amal soleh. saling berbagi dan menyantuni anak yatim akan membuat bulan puasa ini lebih bermakna dan mendapatkan ganjaran yang melimpah. Momentum bulan suci Ramadhan ini dimanfaatkan dengan baik oleh HIMATEKPL dan HIMATEKK3 untuk menggelar acara SPACER 2.0.

SPACER ( Safety PL Assemble and Do Charity Together) Merupakan acara tahunan yang diadakan oleh HIMATEKPL dan HIMATEKK3 tiap pertengahan bulan suci ramadhan dan ini merupakan tahun ke 2 acara ini digelar. seperti dengan namanya acara ini merupakan ajang berbagi dan mempererat tali silaturrahmi antar sesama terlebih khusus HIMATEKPL dan HIMATEKK3. Inti dari acara SPACER ini adalah Bukber Anak Yatim dan Sahur On The Road, pada tahun ini pihak panitia mengundang anak yatim dari Panti Arif Rahman.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 25 Mei 2019 sampai 26 Mei 2019. Pada hari pertama acara SPACER dimulai pada pukul 16.00 WIB di direktorat Lantai 3 PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) tidak hanya di gedung direktorat, di luar PPNS ada acara pembagian takjil gratis di sekitar depan tugu ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Science Techno Park. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh kaprodi K3 dan seketaris jurusan TPK (Teknik Permesinan Kapal). setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan tartil Al Quran yang dibacakan oleh pihak panitia. Selanjutnya memasuki acara inti di hari pertama yaitu bukber (buka bersama) dengan anak yatim. setelah bukber selanjutnya diadakan sholat maghrib berjamaah lalu setelah itu dilanjutkan dengan santunan kepada anak yatim. pada sesi ini terlihat kebahagiaan anak yatim setelah menerima santunan. Lalu ditutup dengan Sholat Isya dan Teraweh berjamaah.

Beberapa potret dari kebahagiaan anak yatim saat mengikuti acara SPACER 2.0

Pada hari kedua tepatnya pada pagi hari sekitar pukul 01.00 WIB para panitia berkumpul di bundaran ITS untuk mempersiapkan acara bagi bagi sahur. lalu setelah persiapannya cukup panitia melakukan iring iringan bagi bagi sahur gratis dengan rute dari Bunderan ITS menuju ke Jl. Mulyosari lalu diteruskan ke Jl. Kenjeran lalu kembali ke Jl. Kertajaya dan berakhir di bunderan ITS. setelah tiba di bunderan ITS, maka selanjutnya adalah acara Saber ( Sahur Bersama) yang sekaligus menjadi penghujung serangkaian acara SPACER 2.0.

Panitia berkumpul di bunderan ITS dan melaksanakan SABER (Sahur bersama). terlihat mereka saling larut dan tidak ada pembeda antara KM K3 dengan KM PL


“Selain sebagai momen saling berbagi, pada acara SPACER 2.0 juga merupakan momen mempererat mengharmoniskan kekeuluargaan antara HIMTEKPL dengan HIMTEKK3 ” Ujar Lintang Indra (Lintang) selaku ketua pelaksana acara SPACER 2.0

Berikut kilas balik dari acara SPACER 2.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *