Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah Juara

Apa kabar semua? Berjumpa lagi dengan kamu website HIMATEKPL yang akan selalu udate informasi seputar keluarga mahasiswa teknik pengolahan limbah.


Pada ksempatan yang berbahagiaini kami akan menyamaikan kabar baik dari saudara Imam Hambali Azhori teknik pengolahan limbah angkatan 2017 dan Rafi Narariya Ramadhan teknik pengolahan limbah angkatan 2017 pada tanggal 9 Juli 2019 telah menyabet gelar juara 1 pada Lomba Karya Tulis ilmiah “ Peran Pemuda Indonesia Mandiri di Era Revolusi Industri “ yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Teman-teman kita yang luar biasa ini berhasil menduduki juara 1 dengan mengalahkan pesaing-pesaing lainnya yang berasal dari universitas di seluruh indonesia. Sangat luar biasa sekali bukan? Nah untuk teman teman yang penasaran LKTI seperti apakah yang mereka ciptakan sehingga mampu menyabet juara 1 nasional. Yuk simak hasil interview kita bersama Imam Hambali A. dan Rafi Narariya R mengenai apa enelitian yang sudah mereka lakukan dan temukan tips dan trik menarik yang akan mereka berikan. Oke langsung saja.


“Karya tulis ilmiah yang kita buat ini kita memanfaatkan limbah deterjen yang pada dalam cairannya mengandung berbagai senyawa anion dan kation, dari larutan tersebut selanjutnya dirangkai seri dengan panel surya dan selanjutnya dialirkan menuju bus converter, pada bus converter terdapat proses pengubaan energi dari intensitas cahaya dan energi yang dihasilkan oleh larutan deterjen selanjutnya disimpan ke dalam baterai.” Kata Imam menjelaskan, dia juga menambahkan bahwa “Didalam limbah deterjen terdapat deterjen phosfat, pH, kekeruhan, dan TSS. Sehingga dilakukan proses pengolahan limbah terlebih dahulu menggunakan filter. Filter yang digunakan untuk melakukan pengolahan terdapat 3 filter. Yang pertama adalah filter dengan prinsi adsorbsi arbon aktif dari arang kayu, selanjutnya air dialirkan melalui lapisan batu zeloit, dan yang terakhir adalah air dialirkan melalui wetland dengan kayu apu. Pada titik wetland dengan kayu apu ini lah yang akan diambil energi listriknya”. Keren kan? Dengan menggunakan bahan dari air limbah deterjen saja dapat membawa mereka menjadi juara 1.


Lalu apa sih tips agar dapat membuat karya tulis ilmiah yang keren itu?. Tips ini diberikan oleh Rafi agar kita dapat membuat KTI yang menarik kita harus yang pertama memahami permasalahan yang saat ini viral didunia ataupun di indonesia, agar dapat mengetahui hal tersebut kita harus terus update mengenai jurnal atau juga bisa mendapatkan informasi dari medi-media berita. Sharing bersama dosen juga sangat dibutuhkan karena berbincang mengenai jenis karya tulis apa yang ingin kita buat dan bagaimana progress dari langkah-langkah yang kita ambil daat dibahas bersama. Yang kedua adalah kita karus inovatif dan kreatif dalam berfikir. Kita juga harus fleksibel mengenai bagaimana inovasi kita kedepannya, kita harus bisa menjadikan inovasi kita dapat dikembangkan dan daimanfaatkan oleh masyarakat. Dan yang terakhir adalah bikin Karya Tulis Ilmiah itu butuh modal, modal bukan hanya uang tapi juga pikiran, tenaga, waktu dan lain-lain, Rafi juga menambahkan bahwa membuat karya tulis ilmiah yang paling penting bukanlah uang melainkan niat. Karena dengan niat yang akan menentukan segalanya, kalau dari awal niat kita sudah bagus, hasil yang kita dapat pun pasti juga akan sama bagusnya.
Jangan jadikan jam kuliah kita, tugas yang banyak, serta kegiatan kampus yang lainnya menjadikan hambatan kita dalam mengerjakan karya tulis ilmiah. Hari libur akhir pekan, biasanya kita gunakan untuk mengerjakan penelitian kita. Karena jika dipaksa dikerjakan pada hari efektif tidak akan maksimal. Sehingga harus menjadikan hari sabtu dan minggu produktif untuk mengerjakan karya tulis ilmiah, keterangan dari Imam.


Luar biasa sekali bukan? Nah teman-teman sekarang kan sudah tau kisah dari teman kita Rafi dan Imam mengenai Karya Tulis yang telah mereka buat. Kita juga sudah mengetahui apa saja tips dan trik dari mereka mengenai cara membuat karya tulis ilmiah. nah sekarang giliran kita untuk mengikuti langkah mereka. Semoga dari artikel kita kali ini dapat memotivasi teman-teman semua untuk dapat menciptakan karya-karya luarbiasa lainnya. Karena dengan begitu pula kita telah membesarkan nama dari prodi Teknik Pengolahan Limbah dan nama besar Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Demikian apa yang dapat kami sampaikan pada artikel ini semoga bermanfaat dan daat memotivasi kita untuk bergerak lebih baik lagi. Tetap ikuti terus website kita karena kita akan terus menyajikan informasi-informasi menarik lannya.
Sampai jumpa.

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*