Apa itu Teknik Pengolahan Limbah ?

Banyak orang yang tidak begitu mengerti apa itu teknik pengolahan limbah, ada yang menyamakannya dengan teknik lingkungan padahal teknik pengolahan limbah dan teknik lingkungan itu berbeda ada pula yang baru mendengar kalau teknik pengolahan limbah itu ada.

dikarenakan banyaknya masyarkat atau kalangan umum yang kurang mengerti atau mengenal mengenai Program studi Teknik Pengolahan limbah, maka pada artikel ini kami akan membahasnya mulai dari arti dasar, apa saja yang dipelajari, perbedaannya dengan teknik lingkungan hingga prospek kerja kedepannya nanti.

Apa sih Teknik Pengolahan Limbah ?

Secara singkatnya prodi teknik pengolahan limbah merupakan program studi atau jurusan yang berfokus pada pengolahan limbah baik limbah domestik maupun limbah industri, yang dimaksudkan dengan pengolahan ini bisa berarti merencanakan instalasi pengolahnya dan cara mengolahnya. nantinya kita akan dihadapkan dengan permasalahan permasalahan lingkungan yang ada dan mencari solusi serta cara mengantisipasinya. Jurusan teknik pengolahan limbah sendiri merupakan turunan atau pengembangan dari Teknik sipil, jadi tidak heran kalau dalam jurusan ini banyak sekali ditemui ilmu ilmu sipil.

Apa saja sih yang dipelajari dalam Teknik Pengolahan Limbah ?

Kurikulum setiap institusi berbeda beda namun intinya sama. Pada umumnya teknik pengolahan limbah itu mempelajari mengenai kimia,mikrobiologi,pengolahan limbah B3, Pengolahan Limbah padat, Pengolahan Limbah Cair, Pengolahan Limbah Gas & Partikulat, Pengolahan Limbah Non B3, Hukum Lingkungan, K3, Ilmu bahan, Perpipaan/Plumbing dan lain sebagainya.

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa topik pembelajaran dalam jurusan teknik pengolahan limbah, berikut topik topik pembelajarannya :

1.Teknologi Pengolahan Limbah


Mahasiswa akan diajak untuk mengenali apa saja teknologi dan peralatan yang digunakan dalam mengelolah limbah, teknologi yang digunakan dalam mengelolah limbah juga bermacam macam tergantung dari jenis limbah yang diolah, kapasitas limbah yang akan diolah, efisiensi dll.

2.Ilmu Ilmu Sipil


Karena jurusan teknik pengolahan limbah merupakan turunan dari teknik sipil seperti teknik lingkungan maka mahasiswa akan diajarkan beberapa ilmu sipil seperti mekanika teknik, beton plat baja dan fiber, perpetaan dan lain sebagainya. apa sih hubungannya ilmu ilmu sipil dengan pengolahan limbah ? hubungannya itu ilmu ilmu sipil ini nantinya akan berkaitan dengan perancangan instalasi pengolahan limbah, contohnya perancangan septitank maka kita harus tahu material yang cocok digunakan, dimana kita meletakkannya, bagaimana kondisi tanahnya.

3.Plumbing/Perpipaan


Perpipaan ini mempelajari mengenai seluk beluk sistem perpipaan, pernah melihat pipa pipa dijalan yang bervariasi ukurannya ? pernah melihat Pipa air PDAM ? tiap pipa memiliki fungsi yang berbeda beda oleh karena itu perlu untuk mempelajari perpipaan karena nantinya kita yang akan membuat sistem perpipaan tersebut guna untuk pembuatan instalasi pengolahan limbah.

4.Hukum Lingkungan

Pada hukum atau perundang undangan lingkungan ini kita akan membahas mengenai peraturan peraturan lingkungan yang ada, standar standar atau baku mutu limbah dokumen lingkungan, dsb.

5.Perancangan Pengolahan Limbah

ini merupakan topik yang paling penting atau kunci dari teknik pengolahan limbah, karena pada dasarnya diharapkan setelah lulus dari jurusan teknik pengolahan limbah mahasiswa mampu merancang berbagai instalasi pengolahan limbah

6.Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Mahasiswa teknik Pengolahan limbah tidak hanya mempelajari sistem yang digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam kerja, tetapi juga mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan pekerja. Ini adalah salah satu bagian penting dari ilmu ini. Jika terjadi kecelakaan kerja, masalah tidak hanya selesai setelah membayar uang ganti rugi kepada korban, tetapi juga mempengaruhi proyek atau produksi suatu perusahaan, apalagi jika yang menjadi korban memegang peranan penting

Lalu apa sih perbedaan antara Teknik Pengolahan Limbah dengan Teknik Lingkungan ?

Teknik lingkungan itu membahas permasalahan lingkungan secara umum sedangkan teknik pengolahan limbah itu sudah berfokus terhadap permasalahan limbah dan lebih ahli dalam permasalahan perlimbahan, sehingga dalam pokok bahasan teknik pengolahan limbah tidak terdapat bahasan seperti kesehatan masyarakat, pengolahan air bersih dsb. sedangkan pokok pokok bahasan tersebut ada pada teknik lingkungan dan dalam pokok pembahasan pegolahan limbah pada teknik lingkungan kurang mendetail karena aspek teknik lingkungan itu memang permasalahan lingkungan secara umum.

Lalu Kompetensi apa saja yang didapatkan nantinya ?

  • Ahli Bidang Rekayasa Teknologi Lingkungan, meliputi: rancang bangun bangunan pengolahan air minum dan air limbah industri maupun domestik, rancang bangun sistem drainase permukiman, rancang bangun instalasi pengendalian pencemar udara, rancang bangun instalasi pengolah limbah padat domestik dan industri.
  • Ahli Bidang Pengelolaan Lingkungan, meliputi: Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Sistem Manajemen Lingkungan (SML), Audit Lingkungan, Pengelolaan Baku Mutu Lingkungan, Produksi Bersih, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K-3), Pengelolaan Limbah Cair, Padat dan B3.

Prospek kerjanya ?

Dengan semakin banyaknya permasalahan lingkungan terlebih khususnya mengenai limbah dan semakin ketatnya peraturan peraturan lingkungan. Hampir setiap industri membutuhkan lulusan teknik pengolahan limbah baik sektor pemerintahan maupun swasta apalagi jurusan pengolahan limbah merupakan jurusan yang terbilang jurusan yang langkah di Indonesia.
Contoh beberapa pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan Teknik Pengolahan Limbah

  • HSE
  • Quality Control
  • Konsultan Lingkungan
  • Tenaga pendidik / dosen
  • Manajer Lingkungan

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*