Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Pengolahan Limbah

Surabaya, 7 Oktober 2019 Prodi teknik pengolahan limbah PPNS telah melakukan pengmas atau pengabdian masyarakat di daerah pesisir surabaya pantai kenjeran atau lebih tepatnya di kelurahan kedung cowek Surabaya. melaksanakan pengmas sendiri merupakan penerapan dari pada tri dharma perguruan tinggi. adapun pengmas yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai marine pollution yang ditujukan kepada kelompok nelayan bintang samudera serta melakukan Resik Pantai yang dilakukan di Pantai Kenjeran Surabaya.

Kegiatan pengmas kali ini dibagi menjadi 2 acara dalam 1 hari yaitu Sosialisai dan Resik Pantai. pada acara sosialisasi mengenai Marine Pollution ini disambut sangat baik oleh kelompok nelayan Bintang Samudera,Kegiatan sosialisasi ini diadakan di Taman Baca Masyarakat desa Cumpat RW 02.

Sosialisasi Marine Pollution

Acara sosialisasi  ini diawali dengan sambutan dari Kaprodi Teknik Pengolahan Limbah kemudian sambutan oleh Ketua Himpunan Teknik Pengolahan Limbah dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua kelompok nelayan Bintang Samudera. Setelah sambutan sambutan selanjutnya acara diteruskan dengan pretest Marine Pollution tujuan dari pretest ini untuk mengukur seberapa paham para anggota kelompok nelayan bintang samudera mengenai Marine Pollution.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi  Marine Pollution oleh Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah, setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi tanya jawab ini anggota kelompok nelayan bintang samudera terlihat antusias menanyakan seputar materi marine pollution tidak hanya itu mereka juga berbagi cerita mengenai permasalahan yang sebenarnya terjadi. Setelah sesi tanya jawab selesai selanjutnya dilakukan sesi postes untuk mengetahui perbandingan pemahaman kelompok nelayan Bintang Samudera sebelum dan sesudah pemaparan materi.

Resik Pantai

Pada waktu yang sama  setidaknya 50 Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah PPNS bersama sama melakukan resik pantai atau pembersihan pantai kenjeran, acara resik pantai ini juga merupakan serangkaian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Pengolahan Limbah PPNS. Para Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam melakukan aksi resik pantai ini, saling bahu membahu mengambil sampah sampah yang berserakan disekitar pantai dan mengumpulkannya menjadi satu.

Menurut ketua pelaksana kegiatan, pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini sangatlah penting karena selain sebagai bentuk pelaksanaan tri dharma ke 3 perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, namun juga dapat memberi manfaat bagi diri sendiri dan pastinya masyarakat sekitar, tidak hanya itu kita juga dapat mengimplementasikan apa yang kita peroleh didalam bangku perkuliahan dan membaginya kepada masyarakat sekitar dan kita juga dapat memperkenalkan Program Studi Teknik Pengolahan Limbah PPNS kepada Masyarakat.

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*