WTW (Waste Treatment Week) 2.0

Assalamualaikum, apa kabar semua kembali lagi di web Hima PL PPNS, pada kesempatan kali ini kami akan meriview acara WTW 2.0 kemarin, disini kami akan menceritakan apa saja sih yang dilakukan di WTW 2.0 ngapain aja sih ?pada penasaran kan … yuk langsung saja

Sebelum bercerita mengenai acara WTW 2.0 mimin akan bercerita dulu mengenai WTW. WTW atau waste treatment week merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa teknik pengolahan limbah, acara tahunan ini terdiri dari Seminar Nasional dan prociding diawal  minggu dan minggu kedua dilanjutkan dengan Lomba Essay Nasional tingkat SMA sederajat dan Lomba Karya Tulis Nasional tingkat mahasiswa S1 sederajat.

Pada minggu pertama yang dilaksanakan pada Sabtu 21 September 2019 diadakan acara Seminara Nasional dan Prociding. Seminar Nasional kali ini mengangkat tema “Sinergi Kebijakan, Teknologi dan Kepedulian Pengolahan Limbah terhadap Keberlanjutan Ekosistem Laut dan Pesisir” dan dengan diisi oleh 3 pembicara yakni Achmad Supi’i selaku CEO PT Mitra Prima Enviro, Dr. Dra. Saptarini M.Sc selaku Dosen Departemen Biologi ITS dan Andre Kuncoroyekti selaku Chief Delivery Officer STOP Project PT SYSTEMIQ Lestari Indonesia. Acara seminar ini dilaksanakan di Graha Dewa Ruci Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ,setelah Seminar Nasional selesai maka dilanjutkan dengan sesi prociding yang dilaksanakan di gedung J  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, para pemakalah dibagi dibeberapa ruang dan diberi waktu 15 menit untuk memaparkan karyanya. dengan berakhirnya prociding maka WTW 2.0 Minggu pertama telah usai.

Pada minggu kedua yang dilaksankan pada 19 sampai 20 Oktober 2019 diadakan Lomba Essay Nasional tingkat SMA sederajat dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tingkat mahasiswa S1 sederajat, pada minggu kedua ini berlangsung selama 2 hari dengan hari pertama Technical Meeting dan  di hari kedua Final day dimana para finalis mempresentasikan karyanya.

Berikut merupakan daftar pemenang lomba essay nasional dan LKTI nasional WTW 2.0

  • Juara LKTI Nasional WTW 2.0
  1. Juara 1 dimeanangkan oleh Universitas Airlangga dengan judulPemanfaatan Limbah Pewarna Tekstil UMKM Ikat Jumput Pandageling Berbasis Teknologi All Weather DSSC Sebagai Usaha Mewujudkan Kedaulatan Energi Tahun 2045 yang disusun oleh Dinar Fortuna Putri, Aninditia Farhani, Putri Indrawarsih.
  2. Juara 2 dimenangkan oleh Institut Teknologi Sepuluhopember dengan judul “Beton Ringan Ramah Lingkungan dengan Inovasi Limbah Fly Ash Sebagai Pengganti Semen dengan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Agrgat Kasar Untuk Bangunan Struktural” yang disusun oleh Muchammad Bilal Giri Nabhan, Helmy Charistama Sakti dan Beta Rahayuning Pratiwi.
  3. Juara 3 dimenangkan oleh Universitas Negeri Jember dengan judul “BIOCOS (Biosorbent From Cocoa Skin) : Kombinasi Limbah Kulit Kakao Sulfonated PVA untuk Mengurangi Kandungan Timbal Pada Limbah Cair Industri” yang disusun oleh I made Arimbawa dan Siska Nuri Fadillah.

 

  • Nominasi LKTI Nasional WTW 2.0
  1. Best Paper dimenangkan oleh Universitas Trunojoyo dengan judul “Kontrol dan Monitoring Pengolahan Limbah Cair Deterjen Menggunakan SME (Smart Micro Energy)”.
  2. Best Presentation dimenangkan oleh Universitas Negeri Jember dengan judul “BIOCOS (Biosorbent From Cocoa Skin) : Kombinasi Limbah Kulit Kakao Sulfonated PVA untuk Mengurangi Kandungan Timbal Pada Limbah Cair Industri”
  • Juara Lomba Essay
  • Juara 1 dimenangkan oleh SMA N 1 Lamongan dengan judul Implementasi Ampas Tebu dan Biji Alpukat Sebagai Polybag Biodegradable.
  • Juara 2 dimenangkan oleh SMA N 1 Badegan dengan judul “Helm Era – Z (Energy Suara – Generasi Z) Sebagai Wujud Inovasi Penanganan Pencemaran Lingkungan Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0.”
  • Juara 3 dimenangkan oleh SMA N 1 Lamongan dengan judul “Plafon Cerdas Berbahan Dasar Kombinasi Cangkang Biji (Pilsbryoconch Exillis) Dan Daun Sirih Belanda (Epipremnumaureum) Inovasi Teknologi Serbaguna Sebagai Pereduksi Radiasi Dan Penghasil Panas.”

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*