Hibah Desa Gracias 2020

Surabaya, 4 Februari 2020. di awal liburan semester ganjil himpunan mahasiswa teknik pengolahan limbah mengadakan Hibah desa. Kegiatan hibah desa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan bersama dengan himpunan mahasiswa teknik kesehatan dan keselamatan kerja (k3). Kegiatan hibah desa ini berlangsung selama 5 hari yaitu pada 4 februari 2020 hingga 8 februari 2020. Pada tahun ini hibah desa dilaksanakan di dusun bangunsari kecamatan Jabon, kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Hibah desa sendiri merupakan salah satu penerapan dari tridarma perguruan tinggi,  yaitu pengabdian masyarakat. selain itu hibah desa sendiri salah satu ajang untuk branding PPNS terutama program studi teknik pengolahan limbah dan teknik K3 kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan pembukaan  pada siang harinya, setelah itu diadakan sosialisasi mengenai 3R dan sosialisasi bank sampah. Pada malam harinya diisi dengan kegiatan mengaji bersama dan dilanjutkan dengan belajar bersama anak anak sekitar.

Sambutan oleh ketua himpunan Teknik Pengolahan Limbah

Keesokan harinya pada hari kedua, diadakan kegiatan sosialisasi P3K hingga sore hari, lalu dilanjutkan dengan kegiatan mengaji bersama dan belajar bersama pada malam harinya.

Sosialisasi P3K

Sosialisasi P3K

Kemudian pada hari ke tiga diawali dengan kegiatan fun game di sekolah dasar setempat. Pada kegiatan fun game ini panitia mengajak anak sekitar untuk ikut serta dalam berbagai permainan seru seperti permainan menaruh paku dalam botol yang mengundang gelak tawa dan keseruan. Pada siang harinya setelah kegiatan fun game dilanjutkan dengan sosialisasi kebakaran dan sosialisasi mitigasi bencana. Kegiatan sosialisasi ini ditujukan kepada anak anak SD. Pada sore hingga malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan mengaji bersama dan belajar bersama.

Fun Game

Sosialisasi Kebakaran

Sosialisasi Mitigasi Bencana

Hari ke empat, pada hari keempat ini ada yang berbeda dengan hari hari sebelumnya. Pada hari keempat ini panitia turut membantu warga melakukan aktivitas sehari hari seperti berkebun dan petik turi bersama warga. Seperti hari hari sebelumnya, sore hari hingga malam harinya dilanjutkan dengan mengaji bersama dan belajar bersama.

Petik Turi

Pada hari terakhir yaitu hari ke lima diawali dengan kegiatan bersih bersih lingkungan pada pagi harinya. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan yang menandakan berakhirnya serangkaian acara hibah desa Gracias 2020.

Meskipun kegiatan hibah desa ini berlangsung singkat yakni 5 hari. Semoga dengan adanya kegiatan hibah desa ini, dapat menjadi sarana berbagi ilmu bersama serta sebagai sarana silaturrahmi.

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*